PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI
KABUPATEN DELI SERDANG

Profil

P R O F I L

PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI

 

Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kabupaten Deli Serdang
Alamat : Jl. Diponegoro No. 78 Lubuk Pakam
Telepon:(061) 7951852
fax : (061) 7951852
e-mail: ppid@deliserdangkab.go.id

Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kabupaten Deli Serdang dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Deli Serdang Nomor 2233 Tahun 2016 tentang Kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja Perangkat Daerah.

Salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh Informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hak atas Informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan. Hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Partisipasi atau pelibatan masyarakat tidak banyak berarti tanpa jaminan keterbukaan Informasi Publik.

Keberadaan Undang-┬Čundang tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan (1) hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi; (2) kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana; (3) pengecualian bersifat ketat dan terbatas; (4) kewajiban Badan Publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi.

Setiap Badan Publik mempunyai kewajiban untuk membuka akses atas Informasi Publik yang berkaitan dengan Badan Publik tersebut untuk masyarakat luas. Lingkup Badan Publik dalam Undang-undang ini meliputi lembaga eksekutif, yudikatif, legislatif, serta penyelenggara negara lainnya yang mendapatkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)/Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan mencakup pula organisasi nonpemerintah, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, seperti lembaga swadaya masyarakat, perkumpulan, serta organisasi lainnya yang mengelola atau menggunakan dana yang sebagian atau seluruhnya bersumber dari APBN/APBD, sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri.

Tugas dan Kewenangan PPID ( Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ) Pada Badan Publik Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang diatur dalam Keputusan Bupati Deli Serdang Nomor 08.A Tahun 2019 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kabupaten Deli Serdang. Pada saat Keputusan Bupati Deli Serdang ini mulai berlaku, maka Keputusan Bupati Deli Serdang Nomor 1136 Tahun 2014 tentang Pembentukan Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kabupaten Deli Serdang, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Dengan terbentuknya PPID pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Deli Serdang sesuai dengan ketentuan dalam UU No. 14 Tahun 2008.

PPID Dinas Komunikasi dan Informatika beralamat : Jl. Diponegoro No. 78 Lubuk Pakam 20511; telp (061) 7951852; Website : http://ppid.deliserdang.go.id/

 

Tugas dan Wewenang

TUGAS

1. Menyusun dan melaksanakan kebijakan informasi & dokumentasi;

2. Menyusun laporan pelaksanaan kebijakan informasi & dokumentasi;

3. Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan, dan memberi pelayanan informasi dan dokumentasi kepada publik;

4. Melakukan verifikasi bahan informasi dan dokumentasi publik;

5. Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat;

6. Mengoordinasikan dan mengonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID Pembantu;

7. Melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi;

8. Melakukan uji konsekuensi atas informasi dan dokumentasi yang dikecualikan;


KEWENANGAN

1. MEMUTUSKAN INFORMASI PUBLIK

2. MENOLAK PERMOHONAN SECARA TERTULIS

3. MEMUTAKHIR KAN DAFTAR INFORMASI SECARA BERKALA

4. KOORDINASI

Struktur PPID